D-wall for ground construction - academia ENGINEERING

Artikel Terbaru

Iklan

Iklan Atas Post

Ads Here Call 08562670757

Kamis, 17 Oktober 2013

D-wall for ground construction

Contoh detail d-wall dan ground angkur

salah satu aplikasi d-wall pada proyek konstruksi
Dalam mendesain sebuah jalan raya terkadang ditemukan jalan dengan kelandaian yang tinggi yang diharuskan untuk membuat sebuah dinding penahan tanah (DPT). Dinding penahan tanah merupakan solusi untuk menahan pergerakan tanah akibat penggalian dan penimbunan. Akan tetapi dinding penahan tanah hanya mampu dibuat dengan ketinggian yang terbatas yaitu sekitar 5 meter untuk setiap elevasi tanah. Tidak cocok digunakan untuk kondisi tanah yang elevasinya lebih ekstrim. Dan terkadang kekuatan dinding penahan tanah dapat berkurang bila adanya aliran air yang berlebih yang membuat bidang gelincir semakin besar. Salah satu teknologi yang mungkin dapat diterapkan adalah dengan mendesain d-wall. D-wall hampir sama dengan dinding penahan tanah tetapi lebih memiliki banyak keunggulan. Desain d-wall sangat cocok untuk menahan tanah pada daerah ekstrim dan sempit. D-wall dibuat dengan desain struktur beton bertulang dan sebuah ground angkur. Konstruksinya mirip dengan dinding bangunan yang berada dikedalaman tanah. Karena mirip dengan dinding bangunan d-wall juga memakai kolom-kolom sepanjang bidang konstruksi. Semakin tinggi kualitas besi tulangan dan mutu beton untuk d-wall semakin tinggi pula kualitas d-wall yang dihasilkan. Selain dengan kekuatan beton bertulang d-wall juga di perkuat dengan adanya ground angkur. Angkur ini dipasang pada d-wall dengan kedalaman tertentu. Pemasangan angkur dilakukan dengan prinsip beton pra tegang. Jadi pada angkur terdapat kabel baja yang dipasang secara pra tegang. Jumlah titik kabel ini berbeda-beda pada setiap angkur yang dipasang. Perbedaan ini terletak pada kekuatan tanah yang akan diderita oleh d-wall. Semakin banyak titik kabel pra tegang, semakin kuat d-wall yang hasilkan. Jarak antar angkur pada d-wall dapat direncaanakan sesuai perencanaan kekuatan d-wall. Semakin pendek jarak antar angkur d-wall akan semakin kuat. Jarak yang lebih umum dipakai biasanya ± 1 meter. Pada titik angkur ini juga sebagai titik keluarnya air tanah. Bila kandungan air tanah besar maka pada titik ini terus mengeluarkan air. Jadi keluarnya air tanah sudah dapat diketahui sehingga tidak harus membuat lubang-lubang saluran air sepanjang d-wall.
Pada d-wall juga dibuat sebuah stek yang langsung dapat terhubung dengan dinding d-wall yang berfungsi sebagai penghubung atau penyalur beban ke d-wall. Dengan kata lain d-wall juga dapat difungsikan sebagai pondasi dengan langsung menghubungkan ke stek. Hal ini sangat membantu bila keterbatasan lahan saat ingin membuat pondasi.  Selain stek untuk penyaluran beban ke d-wall, ada juga stek yang tertanam dari d-wall ke tanah disampingnya. Stek ke tanah ini selain memperkuat d-wall juga menyalurkan beban ke tanah.
Perencanaan d-wall.
Sebelum mendesain d-wall terlebih dahulu melakukan tes uji tanah untuk mengetahui kekuatan tanah yang akan dibuat d-wall. Hal ini sangat penting pada semua desain konstruksi yang berkaitan dengan tanah karena untuk mengetahui sejauh mana daya dukung tanah pada area tersebut. Setelah mengetahui kekuatan tanah, tahap selanjutnya adalah merancang struktur d-wall. Perancangan struktur ini menghasilkan ukuran dimensi, jumlah tulangan, diameter tulangan, kedalaman maksimal dan lainnya yang berhubungan dengan struktur perancangan. Demi keamanan (safety factor) digunakanlah sebuah angkur yang ujungnya langsung tertancap pada tanah dan d-wall. Jumlah angkur yang dipasang juga harus sesuai dengan perhitungan daya dukungnya. Pengecoran d-wall dengan beton dilakukan dengan tanah sebagai bekistingnya. Jika besi tulangan dan angkur telah terpasang pengecoran baru dapat dilakukan. Bila umur beton telah mencapai umur maksimal pembongkaran bekisting  d-wall sudah dapat dilakukan. Tentunya pembongkaran dilakukan pada area tanah yang digali.

(@f4ozan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah Post

Ads Here Call 08562670757