Musim Hujan, Musim Jalan Rusak - academia ENGINEERING

Artikel Terbaru

Iklan

Iklan Atas Post

Ads Here Call 08562670757

Jumat, 31 Januari 2014

Musim Hujan, Musim Jalan Rusak

faozan for indonesia

(Januari, 2014) Musim hujan di Indonesia telah tiba. Setiap hari hampir turun hujan di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu yang paling sering diguyur hujan adalah daerah pantura jawa. Pada tahun ini jalan utama pantura mengalami banyak kerusakan akibat sering terguyur hujan. Kerusakan ini mengakibatkan banyak kemacetan dibeberapa titik dan kendaraan hanya dapat melaju dengan pelan. Air hujan yang menggenang jalanan mengakibatkan aspal jalan menjadi rusak. Air akan menyebabkan aspal mengelupas dan terkondensasi sehingga jalan menjadi rusak.
Aspal sangat sensitif dengan air. Kandungan hidrogen dan oksigen pada air dikala menguap menyebabkan terkelupasnya lapisan permukaan aspal. Bila lapisan permukaan aspal sudah terkelupas, daya ikat antar agregat menjadi berkurang dan akhirnya menyebabkan jalan berlubang. Bila dalam waktu yang lama tidak segera diperbaiki jalan akan berlubang dan mengakibatkan kerusakan jalan yang sangat parah.
Kerusakan dijalan Pantura Jawa

Perbaikan jalan aspal pun harus berhati-hati. Bila kondisi cuaca masih buruk, perbaikan jalan aspal akan sia-sia, karena air akan menyebabkan aspal kembali terlkelupas. Jadi perbaikan yang baik harus menunggu kondisi cuaca baik. Untuk perbaikan jalan aspal yang rusak akan membutuhkan banyak biaya sampai triliyunan rupiah. Hal ini karena jalan sepanjang pantura sudah sedemikian parah.
Salah satu proses perbaikan jalan Pantura

Semoga kedepannya jalan pantura sebagai jalan nasional menjadi lebih baik dalam struktur dan perawatannya.


(Mohamad Agus Faozan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah Post

Ads Here Call 08562670757