Membangun Tunas Pemimpin Bangsa Dengan Sarapan Pagi - academia ENGINEERING

Artikel Terbaru

Iklan

Iklan Atas Post

Ads Here Call 08562670757

Minggu, 09 Februari 2014

Membangun Tunas Pemimpin Bangsa Dengan Sarapan Pagi

Ibarat sebuah tumbuhan yang akan rindang dikemudian hari, maka bebijian yang dipersiapkan harus berkualitas dan ditanam dengan media dan metode yang terbaik. Sama halnya dengan generasi penerus bangsa. Generasi penerus bangsa harus dipersiapkan kualitasnya semenjak dini agar suatu hari dapat memimpin negeri ini dengan baik. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah kecerdasan dan kesehatan. Ternyata kebiasaan sarapan pagi pada anak-anak berpengaruh pada dua hal tersebut. Sarapan itu sangat penting. Sarapan selain mememberikan kekuatan energi, juga dapat mencerdaskan otak. Bukan hanya itu, sarapan juga berpengaruh pada seseorang dalam memanajemen waktu.

Ketika anak sarapan pagi sebelum beraktivitas maupun bersekolah mereka telah dicukupi dengan pemenuhan gizi yang dapat menunjang kinerja otak. Pemenuhan gizi saat sarapan akan berpengaruh sepanjang hari bahkan saat tubuh bekerja. Gizi yang disuplai saat pagi membuat otak menerima input  lebih mudah dan membantunya mengingat lebih baik. Hal ini karena sarapan pagi membuat asupan glukosa ke otak tercukupi. Glukosa adalah bahan bakar yang sangat diperlukan oleh otak. Setiap bangun pagi kadar glukosa dalam otak berkurang karena digunakan untuk energi sehari sebelumnya. Tanpa glukosa yang cukup, dalam beraktivitas tubuh akan lebih cepat lelah dan mata berkunang-kunang. Selain itu sarapan pagi yang teratur dapat membentuk tubuh menjadi lebih proposional.
Sarapan yang baik dilakukan sekitar pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi. Semakin pagi sarapan akan semakin baik. Apalagi bagi orang sakit, sarapan harus dilakukan sepagi mungkin. Sepanjang malam perut mengalami metabolisme yang mengakibatkan lapar ketika pagi hari setelah bangun tidur. Sarapan pagi dapat menggantikan metabolisme yang hilang semalaman sepanjang tidur. 
Bila anak-anak dibiasakan sarapan di pagi hari, akan menumbuhkan sebuah kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu bila sudah besar nanti. Anak-anak yang bangun di pagi hari sangat berbeda dengan anak yang selalu bangun kesiangan. Kesiapan dalam menghadapi hari selalu dimulai diawal hari. Mereka cenderug lebih fokus dan berhati-hati dalam mengambil tindakan. Berbeda halnya dengan anak yang selalu bangun kesiangan. Ia akan tergesa-gesa dalam memulai hari dengan gugup bahkan banyak yang tidak sempat untuk sarapan. Sudah dipastikan mereka yang siap dan yang tidak siap akan berbeda dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Anak-anak yang biasa sarapan sebelum beraktivitas akan mudah dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan anak yang tidak biasa sarapan akan mudah mengeluh dan putus asa dalam menghadapi masalah karena mereka sudah gugup sebelum mengawali hari.
Tetapi yang terpaling adalah mempersiapkan dengan baik menu sarapan pagi. Memastikan bahwa menu sarapan pagi merupakan makanan bergizi yang dibutuhkan sepanjang hari.  Menu yang disajikan saat sarapan setidaknya mengandung kalori sebagai sumber energi, vitamin untuk memperbaiki sel yang rusak, kalsium dan mineral untuk perkembangan tubuh. Beberapa contoh menu yang dapat dijadikan sarapan adalah:
*      Telur, tahu dan tempe
Menu ini sangat sederhana tetapi mencangkup semua gizi yang diperlukan tubuh. Untuk mendapatkan menu ini juga sangat mudah dan hemat. Telur banyak mengandung protein, tahu dan tempe banyak mengandung vitamin dan mineral. Jadi menu sarapan ini cocok untuk dijadikan sarapan meskipun murah meriah.
*      Sereal makanan
Sereal adalah menu sarapan pagi yang populer untuk saat ini. Banyak pilihan sereal yang dapat dibeli diberbagai toko dan minimarket.
*      Roti gandum
Roti gandum juga dapat disajikan sebagai menu sarapan pagi. Agar lebih lengkap roti dapat diberi selai dari buah-buahan serta ditutup dengan minum susu.
*      Semangkuk Oat
Oat diperkaya dengan kalsium, zat besi, vitamin A dan riboflavin. Ini merupakan menu sarapan yang paling baik. Semangkuk oat akan memberikan energi yang lengkap untuk tubuh sepanjang hari.


(Mohamad Agus Faozan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah Post

Ads Here Call 08562670757