PENGUKURAN CURAH HUJAN - academia ENGINEERING

Artikel Terbaru

Iklan

Iklan Atas Post

Ads Here Call 08562670757

Selasa, 12 November 2019

PENGUKURAN CURAH HUJAN



PENGUKURAN HUJAN 

PENGUKURAN HUJAN DILAKUKAN DENGAN MENAMPUNG HUJAN YANG JATUH DI BEBERAPA TITIK YANG SUDAH DITENTUKAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PENGUKUR HUJAN.

HUJAN YANG TERUKUR MEWAKILI SUATU LUASAN DAERAH DISEKITARNYA YANG DINYATAKAN DENGAN KEDALAMAN HUJAN. 

MACAM-MACAM ALAT PENGUKUR HUJAN :
    A. ALAT UKUR HUJAN BIASA (AUHB)
    B. ALAT UKUR HUJAN OTOMATIS (AUHO)
    C. ALAT UKUR HUJAN DENGAN RADAR
A. ALAT UKUR HUJAN BIASA (AUHB):

–Disebut juga rain gauge, paling banyak digunakan di Indonesia, luas penampang corong 100 / 200 cm 2 & botol penampung didalam tabung silinder yg diletak kan ditempat terbuka, tidak tertutup pohon/bang.dll.
–Pengukuran biasanya dilakukan pukul 7 pagi Ă  di ukur volume air & luas corong maka akan diketahui kedalaman hujan. Hasilnya merupakan data curah hujan sehari sebelumnya (kedalaman curah hujan selama 24 jam Ă  disebut hujan harian). Curah hujan < 0,1 mm ditulis (0), kalau tidak ada hujan ditulis (-).

–Jika intensitas hujan besar maka ada kemungkinan air hujan akan melimpas karena alat penampungnya tidak mampu memuat, sehingga data yang diperoleh tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya.

–Kalau dipasang pada ketinggian 1,20 m dari permukaan tanah, maka ada pengaruh turbulensi angin sehingga hujan yang tertangkap 80-95%, biaya lebih murah tetapi mudah tumbang disebabkan karena manusia atau binatang.

–Kalau dipasang di atas permukaan tanah, pengaruh turbulensi angin makin kecil, sehingga dapat menangkap hujan 100%, tetapi sulit pengoperasiannya dan lebih mahal.

Harus diberi grill (semacam sarang dari logam, mencegah tumbuhnya rumput) dan brush (lapisan lunak dari pasir atau bahan lain, mencegah percikan air tidak masuk ke penakar).


B. ALAT PENGUKUR HUJAN OTOMATIS.

KEUNTUNGAN :

§   Data tercatat secara langsung pada kertas pencatat secara otomatis di mana hasil rekaman data dapat memberikan gambaran/ informasi terhadap intensitas/kederasan hujan & lama hujan dengan periode waktu yg diinginkan : mm/jam, mm/2 jam, dst.
§   Dapat menghasilkan data hujan yang menerus untuk berbagai jangka waktu (menit, jam, hari).
§   Dapat diketahui dengan tepat kapan terjadi hujan dan berapa kedalamannya.
§   Dapat memperkecil kesalahan yg diakibatkan faktor manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah Post

Ads Here Call 08562670757